Protokol Kesehatan dan Kewaspadaan Bagi Pegawai IPB

Protokol Kesehatan dan Kewaspadaan Bagi Pegawai IPB

- March 17, 2020

Menindaklanjuti kebijakan IPB University menghadapi penyebaran COVID-19 dan DBD yang tertuang dalam Surat Rektor No. 4800/IT3/HM.00/2020, serta kebijakan kampus IPB dibuka sangat terbatas (Partially Closed Down) dan menjaga jarak sosial (Social Distancing) yang tertuang dalam Surat Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi/Ketua Tim Crisis Center No. 4853/IT3/HM/2020 Pegawai IPB (Dosen dan Tenaga Kependidikan), baik PNS, Pegawai Tetap Non-PNS, maupun Pegawai Kontrak, harus mengikuti protokol sebagai berikut:

Protokol Bekerja di Rumah

  1. Pegawai dapat bekerja dari rumah selama periode 17 Maret – 5 April 2020 kecuali pegawai yang mendapatkan penugasan khusus.
  2. Penanggung jawab (pimpinan langsung) harus memberikan penugasan/target pekerjaan dalam periode tersebut dan memonitor pekerjaan yang dilakukan oleh pegawainya.
  3. Dosen bekerja dari rumah menyiapkan dan melakukan proses pembelajaran secara online atau dengan metode tanpa tatap muka lainnya.
  4. Tenaga kependidikan wajib mengisi logbook di alamat http://logbook.sdm.ipb.ac.id/. Panduan penggunaannya dapat diunduh di http://bit.ly/logbookipb
  5. Insentif kehadiran tepat waktu (berdasarkan data dari logbook) tetap diberikan kepada tenaga kependidikan PNS dan pegawai tetap.
  6. Selama bekerja dari rumah, hindari perjalanan pribadi yang tidak penting dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.
  7. Mengingat penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang saat ini juga sedang mewabah, mohon untuk memperhatikan kebersihan rumah dan lingkungan, memastikan tidak ada genangan air, menghindari tidur di pagi hari, dan berkoordinasi dengan pengurus RT setempat untuk upaya pencegahan tersebut.
  8. Pegawai yang baru pulang dari luar negeri harus segera menuju fasilitas pelayanan kesehatan, menceritakan sejarah perjalanan yang telah dilakukan, melakukan karantina mandiri selama 14 hari, dan segera melapor kepada pimpinan unit kerja dengan menghindari tatap muka langsung.

Protokol Bagi Pegawai dengan Penugasan Khusus di Kantor

  1. Pegawai yang mendapat penugasan khusus, dalam rangka memastikan layanan unitnya tetap berjalan dengan baik, harus masuk kantor.
  2. Penugasan khusus diberikan oleh pimpinan IPB atau unit kerja sesuai dengan kebutuhan.
  3. Pelayanan di unit kerja diupayakan menghindari tatap muka langsung dan masing-masing unit kerja harus menyediakan nomor layanan/hotline yang dapat dihubungi (harus aktif).
  4. Pegawai yang mendapat penugasan khusus di kantor harus memperhatikan kaidah-kaidah penting sesuai dengan protokol kesehatan yaitu:
    • Menghindari kontak fisik dengan orang lain, termasuk bersalaman, dan menjaga jarak minimal 1 m.
    • Melakukan praktik kebersihan yang baik secara rutin. Mencuci tangan terutama sebelum memegang mulut, hidung, dan mata serta setelah memegang instalasi publik (pegangan pintu, pegangan tangan, perangkat digital, pegangan tangga, dll).
    • Mencuci tangan dengan air dan sabun atau dengan hand sanitizer selama 20-60 detik dengan mengikuti panduan sebagai berikut:
      • Ratakan sabun dengan menggosokkan pada kedua telapak tangan
      • Gosok punggung tangan dan sela-sela jari pada kedua tangan
      • Gosok kedua telapak tangan dan sela-sela jari
      • Gosok punggung jari kedua tangan dengan posisi tangan saling mengunci
      • Gosok ibu jari tangan kiri dan kanan dengan diputar dalam genggaman
      • Usapkan ujung kuku dengan diputar pada telapak tangan
    • Menutup mulut dan hidung saat batuk dan bersin, dengan menggunakan lengan tangan bagian dalam atau tisu. Segera buang tisu dan segera cuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer.
    • Ketika mengalami gejala gangguan pernafasan, demam, batuk dan bersin, kenakan masker dan cari perawatan di fasilitas kesehatan.
    • Jika melihat seseorang yang batuk/bersin/sakit, jaga jarak minimal 2 m.
    • Membuang masker setelah kotor atau lembap, dan jangan dikenakan lebih dari 1 hari.
    • Jangan berbagi makanan dan minuman, peralatan makan dan minum, serta handuk.
    • Menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumi makanan bergizi, perbanyak konsumsi sayur dan buah, serta minum multivitamin.

NOMOR PENTING TIM CRISIS CENTER

Alamat dan nomor penting untuk mendapatkan informasi lebih lanjut:
a. Website : https://covid19care.ipb.ac.id
b. Telepon/WhatsApp : +6281319117875
c. E-mail : covid19care@apps.ipb.ac.id

PELAYANAN UNIT KESEHATAN IPB UNIVERSITY

Jadwal layanan : Senin-Jumat Pukul 07.00 – 21.00 WIB; Sabtu Pukul 07.00 – 14.00 WIB
Telepon : (0251) 8422094 / +6287775692881

Written by admin

Leave a Comment